Bagian-Bagian Akar Tumbuhan

Bantuin Share Yuk!

Pada bidang kajian ilmu biologi, tumbuhan merupakan salah satu organisme eukariota multiseluler yang menjadi bagian dari kingdom Plantae. Adapun akar adalah bagian penyusun tumbuhan yang memiliki fungsi begitu penting. Karena adanya fungsi primer itulah, maka tidak heran jika bagian-bagian akar tumbuhan cenderung mempunyai struktur yang cukup kompleks.

Bagian-Bagian Akar Tumbuhan
Bagian-Bagian Akar Tumbuhan

Bagian-Bagian Akar Tumbuhan

  1. Akar tumbuhan bagian dalam
    Akar tumbuhan bagian dalam terdiri atas beberapa struktur yang menyusunnya. Anda bisa melihat struktur penyusun akar tersebut jika membuat irisan melintang melalui mikroskop. Adapun struktur bagian dalam akar tumbuhan terdiri atas:
    • Epidermis
      Ini adalah jenis sel penyusun akar bagian dalam yang terdiri atas sel berlapis bersusun rapat. Epidermis juga berperan sebagai sel pembentuk akar. Selain itu, epidermis juga ahlinya dalam melakukan penyerapan air maupun garam dan mineral dari dalam tanah.
    • Endodermis
      Endodermis adalah struktur bagian dalam akar yang mempunyai susunan sel tebal. Struktur bagian dalam pada tumbuhan ini pita kaspari yang mengandung zat suberin atau gabus serta zag lignin. Anda bisa menemukan struktur bagian ini di antara korteks dan silinder pusat. Adapun fungsi struktur ini digunakan sebagai penyeleksi zat mineral yang akan masuk ke dalam pembuluh akar.
    • Korteks
      Jika manusia memiliki paru-paru sebagai tempat pertukaran udara, maka akar tumbuhan memiliki korteks sebagai fungsi yang sama. Satu dari bagian-bagian akar tumbuhan ini digunakan sebagai saluran pertukaran gas serta dapat juga digunakan sebagai alat transportasi zat hara tanah. Anda bisa menemukan korteks pada bagian bawah lapisan epidermis yang susunan selnya tidak rapat.
    • Slinder pusat
      Struktur akar tumbuhan yang familiar dengan istilah stele ini merupakan struktur terdalam di antara struktur penyusun bagian dalam akar tumbuhan lainnya. Stele atau silinder pusat memiliki fungsi sebagai pengangkut air dan mineral, yang mana menggunakan alat angkur bernama xylem dan floem.
  2. Akar tumbuhan bagian luar
    Akar tumbuhan bagian luar atau morfologi akar terdiri atas beberapa struktur yang menyusunnya. Struktur-struktur tersebut di antaranya tudung, inti, rambut, batang dan ujung akar.
    • Tudung
      Ini adalah bagian terluar dari akar morfologi akar. Tudung akar adalah struktur bidal yang memiliki fungsi guna melindungi bagian sel halus agar senantiasa aktif membelah. Struktur ini juga berfungsi sebagai pelembab bagi akar agar tidak mengalami gesekan dengan partikel tanah.
    • Inti
      Struktur inti pada morfologi akar terletak pada pusat akar dan terdiri atas pembuluh kayu dan lapis. Pembuluh kayu berfungsi untuk mengangkut air dari akar menuju daun. Kemudian, pembuluh lapis mempunyai fungsi sebagai pengangkut atau media transportasi guna menyalurkan hasil fotosintesis dari daun menuju seluruh bagian pada tubuh tumbuhan.
    • Rambut
      Sesuai dengan namanya, rambut akar mempunyai bagian yang unik yakni serabut yang halus bak rambut serta melekat kuat pada bagian kulit akar. Struktur penyusun bagian-bagian akar tumbuhan ini berfungsi untuk menyerap seluruh garam dan mineral dari dalam tanah.
    • Batang
      Batang adalah struktur penyusun morfologi akar yang berada di tengah-tengah ujung dan pangkal akar. Batang akar akan senantiasa berkembang dan tumbuh menjadi cabang dalam skala kecil.
    • Ujung
      Ini adalah bagian termuda dari morfologi akar yang berbentuk layaknya tunas tumbuhan. Hal ini karena bagian ujung akar akan senantiasa mengalami pertumbuhan secara kontinyu.

Informasi terkait bagian-bagian akar tumbuhan tersebut sekiranya dapat menambah wawasan serta ilmu pengetahuan Anda pada kajian ilmu biologi. Pengetahuan tersebut diharapkan dapat memberikan motivasi bagi Anda untuk turur serta dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan khususnya dunia tumbuhan.

Baca artikel lainnya yang berkaitan :
Ciri – Ciri Echinodermata : 1. Mempunyai sistem tabung jaringan hidrolik, 2. Tidak memiliki sistem eksresi. 3. Perkembangbiakan secaraseksual. 4. Pada permukaan tubuh terdiri atas tonjolan – tonjolan yang menyerupai…
Fungsi tulang pengumpil adalah menjadi penyusun kerangka lengan bawah sebagai bagian dari kerangka alat gerak atas manusia (ekstremitas atas manusia), tempat melekatnya otot, sejajar dengan tulang hasta, menguatkan lengan bagian…


Bantuin Share Yuk!

Leave a Comment