Fungsi Jaringan Epidermis

Bantuin Share Yuk!

Yang dinamakan dengan jaringan epidermis adalah jaringan tumbuhan yang terletak pada bagian terluar tubuh tumbuhan, menutupi seluruh tubuh tumbuhan mulai dari akar, batang hingga daun. Lantas apa saja fungsi jaringan epidermis yang terdapat pada tumbuhan.

Fungsi Jaringan Epidermis
Fungsi Jaringan Epidermis

Jaringan epidermis pada umumnya terdiri dari selapis sel yang berbentuk pipih tetapi padat, fungsi utama jaringan ini adalah sebagai pelindung jaringan yang ada di dalamnya dan sebagai tempat pertukaran zat. Jaringan ini terdapat di permukaan atas dan permukaan bawah dari daun.

Apa fungsi jaringan epidermis?

1. Pelindung semua organ pada tumbuhan
2. Tempat menyimpan cadangan air
3. Mengurangi penguapan pada tumbuhan
4. Penyerapan zat air dan unsur hara
5. Difusi oksigen dan karbondioksida

Apa fungsi jaringan epidermis pada batang dikotil?

Untuk melindungi jaringan di bawahnya.

Fungsi Jaringan Epidermis

1. Fungsi Jaringan Epidermis Bawah

Epidermis bawah mengandung sel stomata yang bermanfaat membantu dan mencegah tumbuhan kehilangan air. Juga mengatur pertukaran gas seperti oksigen dan karbon dioksida. Kemudian, sel lain pada epidermis bawah memiliki sel-sel lain seperti kutikula lilin untuk melindungi lapisan dasar.

Epidermis Bawah
Gambar Epidermis Bawah

Kompleks stomata bagaikan sebuah unit fungsional, terdiri dari dua sel penjaga dari kloroplas, sel ini berperan dalam membantu mempertahankan air sebagai konsumsi tanaman. Ketika kondisi basah, sel penjaga akan menyerap ikon kalium yang menciptakan potensi osmotik.

Keadaan tersebut menyebabkan air mengalir ke dalam sel, ketika sel tersebut membengkak otomatis stomata akan membuka dan melepaskan air. Jaringan epidermis bawah juga memungkinkan tanaman memproduksi molekul organik kompleks dengan mengubah CO2 dan sinar matahari menjadi molekul gula dan oksigen.

Kutikula lilin berfungsi sebagai perlindungan dengan menyerap limbah seperti rasin dan garam. Dalam beberapa tanaman seperti tomat, kutikula memiliki pigmen karotinoid, pigmen yang memberi karakteristik warna.

2. Fungsi Jaringan Epidermis Atas

Sebagai jaringan utama yang memiliki fungsi melindungi setiap organ pada tumbuhan, epidermis tas meliputi akar, batang dan juga daun. Hal ini membuat jaringan tersebut tak mudah terkena kerusakan, biasanya diakibatkan oleh lingkungan sekitar tumbuhan tersebut ditempatkan.

Epidermis Atas
Gambar Epidermis Atas

Fungsi jaringan epidermis sebagai pelindung, dengan terdiri dari susunan sel-sel berderet yang tersusun rapi. Mampu melindungi organ di dalam tumbuhan dari perubahan udara, kelembapan hingga infeksi bakteri. Pada umumnya, epidermis memiliki sifat keras ketimbang dengan jaringan lain yang ada.

Epidermis pada bagian batang di tumbuhan yang tergolong dikotil tersusun dari sel pipih yang sangat rapat. Fungsi jaringan ini pada tumbuhan dikotil adalah sebagai perlindungan terhadap jaringan yang terletak di dalam bagian batang, hal ini terjadi setelah batang mengalami proses pertumbuhan sekunder.

Di bagian tertent tumbuhan dikotil, epidermis akan mengalami perpecahan yang kemudian akan terisi oleh jaringan gabus dari kambium gabus atau juga sering disebut lentisel. Sifatnya sebagai tempat yang digunakan untuk melakukan pertukaran gas dan proses penguapan.

3. Fungsi Jaringan Epidermis Lain

Selain sebagai pelindung, jaringan epidermis pada tumbuhan memiliki fungsi lain yang membuat aktivitas tumbuhan baik di malam hari atau di siang hari tetap terjaga kondisinya. Jaringan epidermis juga berfungsi sebagai tempat pertukaran antara oksigen dan karbondioksida.

Fungsi tersebut aktif ketika tumbuhan melakukan respirasi dan sekresi yang dihasilkan dari proses fotosintensis. Kemudian, fungsi lain yakni sebagai tempat menyerap air serta unsur hara yang sangat diperlukan oleh tumbuhan tersebut. Hal ini dikarenakan adanya trikoma.

Trikoma pada tumbuhan bertugas guna memungkinkan tumbuhan tersebut menyimpan pasokan air dan unsur hara, bentuknya menyerupai bulu pada akar tumbuhan. Penjelasan di atas merupakan beberapa fungsi jaringan epidermis yang sangat vital dan penting bagi tumbuhan baik kegiatan di siang dan malam hari.

Baca artikel lainnya yang berkaitan :


Bantuin Share Yuk!

Leave a Comment