Fungsi Jaringan Meristem Primer

Bantuin Share Yuk!

Jaringan meristem terdiri atas dua jenis yakni meristem sekunder dan primer. Jaringan meristem primer merupakan jaringan hasil perkembangan jaringan dari tahapan embrional. Selain dikenal sebagai jaringan meristem muda, jaringan ini juga memiliki beberapa fungsi lainnya. Fungsi jaringan meristem primer bertujuan demi kelangsungan hidup tumbuhan itu sendiri.

Fungsi Jaringan Meristem Primer
Fungsi Jaringan Meristem Primer
Apa fungsi jaringan meristem primer dan meristem sekunder?

1. Fungsi meristem primer adalah menjadikan pohon menjadi lebih besar dan tinggi serta tumbuhannya lebat dan akar – akarnya akan bertambah panjang.

2. Fungsi meristem sekunder adalah untuk memperbesar tumbuhan. Contohnya pada tumbuhan dikotil yang bertumbuh besar karena terdapat jaringan meristem sekunder, sedangkan untuk tumbuhan monoktil tidak dapat tumbuh besar dan bercabang karena tumbuhan tersebut tidak memiliki meristem sekunder.

Definisi Meristem Primer

Meristem primer merupakan jenis meristem pada tumbuhan dewasa yang sel-selnya senantiasa aktif untuk membelah diri. Anda dapat menjumpai jaringan ini di ujung dan pucuk batang maupun di bagian ujung akar suatu tumbuhan.

Sesuai dengan namanya, meristem ini menyebabkan pertumbuhan primer yakni pertumbuhan yang terjadi secara vertikal. Pertumbuhan secara vertikal ini menjadikan perpanjangan pada bagian batang dan akar tumbuhan. Jadi, fungsi jaringan meristem primer lebih mengarah pada pertambahan panjang bukan pembesaran. 

Jaringan meristem ini terbagi menjadi 3 daerah meristematik yakni protoderm, jaringan pengangkut dan kambium. Protoderm merupakan daerah meristematik yang akan membentuk epidermis. Jaringan pengangkut akan membentuk xylem dan floem. Kambium yakni prokambium dan daerah yang akan membentuk jaringan dasar pengisi empulur, korteks, parenkim, kolemnkim dan sklerenkim.

Apabila ditinjau berdasarkan asal usulnya, meristem ini berasal dari sel-sel inisial atau promeristem. Promeristem adalah jaringan meristem yang telah tersedia saat tumbuhan tersebut masih berada dalam fase embrio.

Ciri-Ciri Meristem Primer

Karakteristik yang dimiliki oleh meristem primer berbeda dari karakteristik meristem sekunder. Karakteristik maupun ciri- ciri khusus yang membuatnya berbeda dari meristem sekunder ialah sabagai berikut.

Fungsi Jaringan Meristem Primer

Fungsi jaringan meristem primer pada tubuh tumbuhan begitu beragam. Fungsi-fungsi tersebut sangat bermanfaat bagi perkembangan dan pertumbuhan suatu tumbuhan. Adapun fungsi dari jaringan meristem tersebut di antaranya ialah sebagai berikut.

1. Menyebabkan petumbuhan primer

Sesuai dengan namanya, meristem primer senantiasa menyebabkan pertumbuhan primer bagi suatu tumbuhan. Pertumbuhan primer yang disebabkan oleh meristem primer menyebabkan adanya pertumbuhan secara vertikal bagi tubuh tumbuhan, terutama pada perpanjangan batang dan akar. Adanya pertumbuhan vertikal ini disebabkan oleh meristem apikal.

2. Melindungi organ-organ tumbuhan

Tahukah Anda bahwa meristem primer berasal dari promeristem yang senantiasa berkembang menjadi protoderm, prokambium dan meristem dasar. Protoderm akan berdiferensiasi dan berubah menjadi jaringan epidermis. Jaringan inilah yang akan mampu untuk melindungi semua organ tumbuhan mulai dari akar, batang, daun hingga buah pada semua kondisi.

Jaringan ini akan melindungi semua organ tumbuhan dari serangan suhu ekstrim maupun infeksi patogen. Tidak heran jika tekstur jaringan ini cenderung lebih keras dibanding jaringan lainnya.

3. Mengangkut dan mendistribusikan zat hara

Jaringan pengangkut yang dihasilkan oleh perkembangan meristem primer tersebut memiliki fungsi sebagai pengangkut dan pendistribusi unsur hara. Xylem berperan penting sebagai pengangkut unsur hara dari akar ke daun. Sementara itu, floem berperan sebagai tempat berakumulasinya semua zat yang diangkut oleh xylem.

Informasi pengertian hingga fungsi jaringan meristem primer tersebut kiranya dapat menambah ilmu pengetahuan dan wawasan bagi Anda. Khususnya bagi Anda yang sedang mendalami ilmu alam biologi. Informasi tersebut juga penting sebagai motivasi Anda untuk senantiasa menjaga lingkungan.

Baca artikel lainnya yang berkaitan :
Fungsi tulang telapak tangan adalah Membentuk sebuah alat gerak, Memberikan bentuk telapak tangan , Penghubung antara tulang jari dengan tulang pergelangan , Membentuk seperti buku-buku jari , Tempat melekatnya otot


Bantuin Share Yuk!

Leave a Comment