Fungsi Tulang Betis

Perlu anda ketahui, bahwa seluruh tulang yang dimiliki oleh manusia berbeda-beda fungsi dan juga jenisnya. Tubuh semua orang tentunya disusun, dengan berbagai anggota gerak di bagian atas dan juga bagian bawah yang membantu manusia untuk bergerak dengan bebas dan nyaman. Tulang betis salah satunya, yang mana fungsi tulang betis agar bisa melindungi kaki hingga memberikan kelekatan utut.

Fungsi Tulang Betis
Fungsi Tulang Betis

Banyak contoh dari anggota gerak di bagian atas, ataupun di bagian bawah salah satunya adalah kaki dan juga betis. Tulang kaki juga tersusun diantara banyaknya bagian, salah satunya adalah tulang betis. Berikut ini akan dibahas secara singkat, berbagai fungsi yang dimiliki oleh tulang betis.

Anatomi Tulang Betis

Fungsi tulang betis memang beragam, namun dalam hal ini anda juga harus mengetahui secara jelas bagaimana tulang betis dan juga anatomi yang dimilikinya. Tulang betis juga memiliki nama lain, yaitu fibula. Tulang betis atau fibula, dapat ditemukan diantara tulang dengan bentuk bulat dan lebih dikenal dengan sebutan kepala fibula. Nantinya memang kepala ini akan membentuk tepi lateral dari tulang kering.

Anatomi Tulang Betis
Anatomi Tulang Betis

Letak dari tulang betis sendiri, juga memang memiliki bentuk yang memanjang dan nantinya juga sampai pada perbatasan pergelangan kaki. Pada fibula, anda juga dapat melihat tonjolan yang mana memiliki sebutan sebagai lateral malleolus. Bagian ini dapat dengan mudah anda rasakan, seperti memiliki sebuah tonjolan yang berada di luar sendi pada pergelangan kaki.

Nantinya pada bagian dalam atau yang sering disebut sebagai medial, juga ikut membentuk sebuah sendi atau tulang kering. Untuk tulang betis sendiri, memang memiliki pergerakan yang lebih sedikit. Pasalnya pergerakannya juga tergantung dengan bagaimana pergerakan dari tulang kering. Nantinya persendian juga memiliki peran utama dan cukup penting, untuk gerak di bawah tungkai.

Fungsi tulang betis, juga cukup bergantung dengan bagaimana posisi dari tulang kering yang akan membuat pergerakan pada kaki anda. Pada tulang betis, ada beberapa otot yang juga menempel, melalui tendon. Bukan hanya sebagai pelengkap, namun otot ini juga memiliki kegunaan agar dapat membuat betis melenturkan kaki dan memudahkan manusia dalam membuat tekukan di bagian lutut.

Fungsi Tulang Betis

1. Pelindung kaki

Deker Pelindung Kaki
Gambar Deker Pelindung Kaki

Fungsi tulang betis adalah untuk melindungi, semua bagian yang dimiliki kaki. Bukan hanya untuk pergerakan saja, melainkan tulang betis juga berfungsi untuk menjaga dan melindungi semua bagian termasuk benturan yang ada pada kaki.

2. Melekatkan lutut

Fungsi tulang betis digunakan untuk bisa melekatkan bagian lutut. Dimana akan membantu pergerakan lutut, menjadi semakin seimbang dan mudah untuk digerakan.

3. Menopang berat tubuh

Bukan hanya untuk melindungi bagian kaki saja, namun dengan adanya tulang betis juga mampu untuk membantu menopang berat tubuh anda. Tulang betis bahkan mampu untuk bisa memberikan kekuatan pada otot saat ingin bergerak.

4. Pembentukan sel darah merah

Siapa yang sangka, jika tulang betis juga mampu dan memiliki fungsi untuk bisa membentuk sel darah merah. Maka dari itu memang kehadirannya sangat dibutuhkan oleh manusia.

5. Tulang kering

gambar tulang kering
Gambar tulang kering

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa dengan kehadiran tulang kering maka membantu untuk bisa mendukung tulang kering. Fungsi tulang betis juga sangat erat dengan keberadaan yang dimiliki oleh tulang kering.

6. Keseimbangan tubuh

Bukan hanya menopang berat tubuh saja, namun tulang betis juga berfungsi agar bisa menjaga keseimbangan yang dimiliki oleh tubuh. Hal ini sangat dibutuhkan, untuk menjaga manusia tetap seimbang saat keadaan diam atau bergerak sekalipun.

7. Menyimpan Garam Mineral

Selain untuk keseimbangan tubuh, fungsi tulang betis dapat menyimpan garam mineral kedalam tubuh.

9. Penghubung

Tulang betis ini berfungsi untuk menghubungkan betis dengan pergelangan kaki bawah.

Fungsi tulang betis memang beragam, hal ini yang membuktikan bahwa sangat erat kaitannya dengan keseimbangan dan pergerakan yang dilakukan manusia. Tulang betis juga membantu untuk bagian lainnya, dapat bekerja secara aktif salah satunya otot.

Leave a Comment