Fungsi Tulang Kering

Tulang kering merupakan salah satu tulang, setelah tulang paha yang memiliki ukuran paling besar. Tulang kering juga terletak di bagian tungkai kaki, yang mana membantu untuk menjadi penghubung antara pergelangan kaki dan juga lutut Anda. Lalu apa fungsi tulang kering? Tulang kering ini memiliki nama ilmiah, yang juga sering disebut dengan tibia.

Fungsi Tulang Kering
Fungsi Tulang Kering

Tibia ini bahkan memiliki arti atau sering disebut dengan seruling. Pemberian nama ini juga berasal dari alat musik yang memang digunakan dan terbuat dari tulang kering yang dimiliki oleh hewan. Bukan hanya menjadi penghubung saja, namun tulang kering ini memiliki banyak kegunaan dan fungsi yang belum banyak diketahui oleh orang. Berikut ini adalah fungsi yang dimiliki tulang kering.

Tulang Kering

Diantara banyaknya tulang yang dimiliki oleh manusia, tulang kering atau yang disebut dengan tibia memang merupakan tulang yang paling kuat. Tulang ini juga merupakan tulang yang memiliki struktur, dengan bagian bawah disebut dengan tubia untuk tulang kering dan juga fibula. Fibula sendiri memang dapat Anda temukan, di bagian bawah yang memang menghubungkan ligament dengan ujung tulang kering.

Tentunya tulang ini juga memiliki kegunaan, dimana untuk membantu tubuh lebih stabil terutama saat Anda berdiri, menyangga otot-otot yang Anda miliki pada bagian tungkai bawah, menopang beratnya tubuh hingga membantu pergelangan kaki untuk bergerak lebih bebas. Sebagai tulang yang paling kuat, fungsi tulang kering sangat penting untuk tubuh terutama untuk pergerakan.

Dengan tulang kering, semua pergerakan yang ada juga semakin mudah dan Anda lebih bebas untuk bergerak ke manapun yang Anda inginkan. Fungsi tulang kering adalah ikut membantu betis dan juga pergelangan kaki. Tidak heran jika keduanya saling berhubungan.

Apa fungsi tulang kering?

1. Untuk menstabilkan tubuh ketika berdiri
2. Menyangga otot – otot tungkai bawah
3. Menopang berat badan
4. Menggerakkan pergelangan kaki

Dimana letak tulang kering?

Tulang kering terletak di bawah lutut kaki

Fungsi Tulang Kering dan Tulang Betis

1. Menyambungkan pergelangan kaki dan lutut

Fungsi tulang kering pertama yang harus Anda ketahui, untuk bisa menjadi penghubung antara lutut dan juga pergelangan kaki. Nantinya dengan terhubungnya keduanya, maka lutut dan juga pergelangan kaki akan memberikan pergerakan untuk kaki yang lebih baik dan leluasa. Inilah yang menjadi alasan, tulang kering memiliki kegunaan yang sangat penting.

2. Menyangga otot pada tungkai kaki

Fungsi yang dimiliki oleh tulang kering lainnya, adalah untuk menahan atau menyangga semua otot yang memang ada di bagian bawah tungkai pada kaki. Tentunya bukan hanya menempel saja, fungsi tulang kering dan tulang betis ini membantu otot untuk memberikan kekuatan untuk tubuh, terutama saat tubuh berdiri.

Jika Anda tidak memiliki otot, pastinya Anda akan sulit untuk bisa berdiri atau bahkan bergerak sekalipun. Inilah fungsi dari tulang kering yang memang dinilai cukup penting, agar kinerja yang dimiliki oleh otot dapat bekerja secara maksimal dan benar dalam pergerakan manusia.

3. Menyangga berat tubuh

Sebagai salah satu tulang yang paling kuat, fungsi tulang kering yang satu ini tentunya dapat menahan atau menopang berat yang dimiliki tubuh. Dengan memiliki tulang kering yang sehat, tentunya Anda juga bisa memiliki kaki yang kuat sehingga dapat menahan berat tubuh yang Anda miliki baik saat berdiri, bergerak dan melakukan aktivitas lainnya.

Tulang kering memang merupakan bagian tubuh yang dikenal sangat penting. Pastikan bahwa Anda selalu menjaga kesehatan yang dimiliki oleh tulang kering Anda.

Fungsi tulang kering memang tidak banyak, namun kegunaannya sangat penting sekali untuk membantu semua manusia dalam beraktivitas. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan asupan makanan dan nutrisi, untuk menjaga kesehatan tulang terutama tulang kering anda. Pastikan bahwa Anda selalu menjaga kesehatan tulang kering Anda.

Leave a Comment