Fungsi Tulang Paha

Tulang paha merupakan salah satu bagian tulang, yang ukurannya dikenal paling besar jika dibandingkan dengan bagian tubuh manusia lainnya. Fungsi tulang paha ini juga sangat penting, salah satunya dijadikan sebagai tumpuan. Selain paling besar, tulang paha ini juga dikenal sebagai salah satu tulang yang paling kuat yang dimiliki manusia.

Fungsi Tulang Paha
Fungsi Tulang Paha

Bayangkan saja, tulang paha ini juga mampu untuk bisa menopang seluruh badan dan juga mengantarkan kekuatan dari bagian tibia hingga ke bagian sendi pinggul. Anggota gerak yang satu ini, termasuk ke dalam anggota gerak yang dimiliki oleh rangka anatomi manusia. Untuk mengetahuinya lebih jelas, simak beberapa penjelasan singkat dan juga fungsi yang dimiliki oleh tulang paha.

Apa fungsi tulang paha?

Kepala tulang paha berfungsi untuk tempat produksi sel darah merah pada sumsum tulangnya.

Sendi pada tulang paha menghubungkan bagian tubuh pinggul dan lutut.

Tulang paha adalah jenis tulang apa?

Femur

Tulang paha apa fungsinya?

Fungsi utamanya yaitu menjadi tumpuan seluruh badan.

Fungsi Tulang Paha

Gambar Tulang Paha
Gambar Tulang Paha

1. Tulang paling kuat untuk menopang

Fungsi tulang paha yang pertama, untuk bisa menyangga dan menopang tubuh. Jika tidak memiliki tulang paha, maka tentunya tidak akan ada orang yang dapat berjalan atau bahkan berdiri sekalipun. Dengan bantuan tulang paha, maka akan membantu untuk menahan berat yang dimiliki oleh manusia karena memang tulang paha termasuk tulang yang paling kuat dan besar.

2. Tempat menempelnya otot dan pigmen

Selain menjadi yang paling besar dan kuat, tulang paha ini juga dijadikan tempat untuk melekatnya otot-otot yang berukuran besar. Di tulang paha ini juga terdapat dua jenis otot, yaitu otot origo dan juga otot insersio. Kedua otot ini sangat berguna untuk kekuatan yang dimiliki oleh manusia.

3. Tempat untuk memproduksi sel darah merah yang ada di sumsum tulang

Fungsi tulang paha femur juga dijadikan, sebagai tempat yang digunakan untuk membentuk sel darah merah. Hal ini terjadi di sumsum tulang paha yang mana berada di bagian sumsum merah. Sumsum merah ini juga disimpan dengan baik, diantara rongga-rongga yang dimiliki oleh tulang paha.

4. Memiliki peranan untuk alat gerak tubuh bagian bawah

Tulang paha juga memiliki fungsi, untuk membantu geraknya kaki agar lurus dan dapat menekuk kea rah pinggul. Gerakan ini juga sangat penting, untuk dijadikan alat atau bantuan utama melakukan gerak di bagian bawah tubuh.

5. Tulang paling besar dan kuat

Dengan banyaknya tulang yang dimiliki manusia, memang memahami fungsi tulang paha adalah penting. Fungsi tulang paha memiliki fungsi, untuk mengantarkan kekuatan yang berasal dari tribia menuju sendi panggul.

6. Dapat membuat sendi condylar

Pada ujang tulang ini terdapatsendi condylus yang akan membuat sendi acondylar bersama lutut.

Condylus memiliki 2 jenis yaitu Condylus Medialis dan Condylus Lateralis.

7. Melekatnya tempurung lutut

Selain penghubung pinggul dan lutut, tulang paha juga melekat dengan tempurung lutut.

8. Penghubung pinggul dan lutut

Karena tulang paha berdekatan dengan tempurung lutut sebagai penghubung tulang kering dan paha

Anatomi Tulang Paha

Tulang paha merupakan salah satu anggota gerak, yang dimiliki oleh manusia. Tulang paha juga sering disebut dengan femur, yang mana memang merupakan nama ilmiah yang dimiliki oleh tulang paha. Tulang paha ini juga memiliki otot, dimana otot tersebut melekat di tulang dan memiliki fungsinya sendiri. Tulang paha memang merupakan tulang, yang merupakan gabungan dari beberapa otot yang ada.

Anatomi Tulang Paha
Gambar Anatomi Tulang Paha

Salah satu otot yang memang terhubung adalah trochanter. Trochanter inilah, yang akan menjadi jembatan antara tulang paha dengan otot yang ada dan berukuran besar. Otot ini juga yang akan menyokong bagian bokong anda. Fungsi tulang paha yang satu inilah yang menjadi tempat, untuk otot dan juga pigmen dapat melekat dengan baik.

Tulang paha memang memiliki peranan yang penting untuk tubuh manusia. Banyak fungsi tulang paha, yang sangat berguna untuk menunjang aktivitas manusia, bergerak hingga bagaimana manusia dapat memiliki keseimbangan untuk beraktivitas. Tulang paha memang dikenal sebagai tulang yang paling kokoh. besar dan juga tulang yang paling kuat dibandingkan dengan semua tulang yang dimiliki manusia.

Leave a Comment