Fungsi Tulang Telapak Kaki

Telapak kaki merupakan salah satu bagian dari tubuh, yang letaknya bisa ditemukan di bagian paling dasar dari tubuh. Untuk menjalani kegiatan sehari-hari, salah satu fungsi tulang telapak kaki adalah untuk menopang beban yang dimiliki oleh tubuh. Bukan hanya kaki saja, namun dapat menopang tubuh secara keseluruhan terutama saat posisi anda sedang dalam keadaan berdiri.

Fungsi Tulang Telapak Kaki
Fungsi Tulang Telapak Kaki

Dengan fungsinya yang sangat penting ini, tentunya merupakan hal yang penting untuk bisa lebih mempedulikan bagaimana kenyamanan untuk telapak kaki anda. Perhatikan untuk bisa menggunakan alas kaki yang nyaman saat digunakan, terutama untuk melakukan aktivitas saat berada di luar rumah atau bahkan melakukan aktivitas yang cukup berat salah satunya adalah berolahraga.

Apa yang dimaksud dengan tulang telapak kaki?

Tulang telapak . kaki memiliki 14 tulang pergelangan kaki, dan 10 tulang telapak kaki, serta 28 tulang jari kaki.

Apa fungsi tulang telapak kaki?

Tulang telapak kaki berfungsi untuk menopang berat badan tubuh dan untuk membantu mengatur gerak tubuh ketika berlari, berjalan dan melompat.

Contoh tulang telapak kaki?

Tulang telapak kaki (metatarsal).

Dimana letak tulang telapak kaki?

Tulang telapak kaki terletak diantara tulang pergelangan kaki dan tulang jari kaki.

Berapa jumlah tulang telapak kaki?

Tulang telapak kaki memiliki 10 tulang metatarsal.

Penyakit apa yang menyebabkan sakit pada telapak kaki?

1. Kapalan
2. Keseleo dan tegang otot
3. Metatarsalgia (rasa sakit seperti terbakar atau nyeri pada bagian depan kaki)
4. Gout arthritis (Penumpukan kristal asam urat pada sendi yang dapat menyebabkan peradangan)

Gejala apa yang terjadi pada plantar faciitis?

Merasakan nyeri tumit juga sakit di bagian tengah kaki seperti rasa tertusuk atau terbakar yang menjalar dari tumit.

Apakah ciri-ciri seseorang yang beresiko akan terkena penyakit plantar faciitis?

1. Obesitas
2. Olahraga yang memberi tekanan berlebih pada tumit (lari jarak jauh, aerobik, dan balet)
3. Profesi tertentu (guru, pekerja pabrik, atlit, tentara, dan lainnya yang mengharuskan mereka berdiri terlalu lama).
4. Masalah pada kaki (bentuk kaki yang terlalu melengkung atau terlalu rata, cara berjalan yang tidak normal, taji tumit, serta jaringan sendi pergelangan kaki yang tegang).

Persendian apa yang menghubungkan antara jari kaki dengan kaki lainnya ?

Persendian Sinovial

Struktur Tulang Telapak Kaki

Telapak kaki merupakan salah satu anggota tubuh manusia, yang mana memiliki kulit yang dinilai paling tebal. Berbeda dengan anggota tubuh lainnya, telapak kaki ini juga tidak memiliki bulu dan juga tidak memiliki pigmen. Namun fungsi tulang telapak kaki ini dinilai sangat penting, walaupun tidak memiliki konsentrasi pori keringat yang cukup banyak dibandingkan dengan anggota tubuh lainnya.

Struktur Tulang Telapak Kaki
Struktur Tulang Telapak Kaki

Untuk bentuk telapak kaki yang dimiliki oleh orang dewasa ini, bahkan cenderung melengkung. Untuk masalah saraf, tulang telapak kaki ini memang berkaitan erat dengan banyaknya saraf yang ada. Hal ini juga yang membuat telapak kaki menjadi bagian tubuh yang cukup sensitif seperti pada rasa gatal atau bahkan terinjak dan masih banyak lagi. Fungsi tulang telapak kaki adalah sebagai pijakan.

Pijakan ini tentunya baik saat anda berdiri, berpijak dan membuat tubuh semakin seimbang. Maka dari itu tulang telapak kaki memang memiliki peranan yang cukup penting, untuk selalu menjaga keseimbangan tubuh yang dimiliki oleh manusia.

Penyakit Tulang Telapak Kaki

Salah satu penyakit, yang sering atau bahkan harus di waspadai karena menyerang tulang telapak kaki adalah Plantar Facitis. Penyakit yang satu ini merupakan penyakit peradangan, dimana terjadi pada lapisan tebal yang dimiliki oleh telapak kaki. Penyakit yang satu ini nantinya akan berada di sepanjang telapak kaki anda dan dinilai sangat mengganggu aktivitas yang dimiliki oleh banyak orang.

Penyakit ini akan memberikan bekas yang mengganggu dari telapak kaki anda, hingga menghubungkan pada tulang tumit hingga nantinya menjalar kepada bagian jari-jari kaki anda. Pastikan bahwa anda selalu mengkonsumsi makanan yang dapat memberikan nutrisi, terutama untuk tulang telapak kaki anda. Hal ini akan membantu anda terhindar dari berbagai penyakit, pada tulang telapak kaki.

Gejala Tulang Telapak Kaki

1. Nyeri atau sakit pada telapak kaki

Nyeri atau sakit yang dirasakan pada telapak kaki, merupakan gejala pertama yang menjadi tanda bahwa telapak kaki anda dalam kondisi yang tidak baik. Dalam hal ini salah satu gejala yang diakibatkan tidak berjalannya fungsi tulang telapak kaki dengan baik. Nantinya rasa nyeri atau sakit ini, akan berlangsung secara bertahap.

Memang pada umumnya juga hanya akan menyerang satu kaki saja, namun di beberapa kondisi juga ada beberapa orang yang mengalami rasa nyeri di kedua kakinya. Rasa sakitnya sangat mengganggu, sehingga akan membuat seseorang merasa seperti ditusuk.

2. Sulit untuk menggunakan telapak kaki

Selain merasakanya rasa nyeri, gejala yang juga dapat anda alami saat tulang telapak kaki memiliki masalah adalah kesulitan untuk menggunakannya dengan maksimal. Bahkan akan sulit untuk anda mengambil langkah pertama, saat akan menyentuh atau menapak lantai.

Mengetahui fungsi tulang telapak kaki merupakan hal yang penting, dimana anda dapat mengetahui kegunaannya dan juga apa saja risiko penyakit dan gejala yang akan ditimbulkannya. Imbangi dengan selalu mengkonsumsi makanan yang bernutrisi, untuk bisa membuat tulang telapak kaki selalu sehat.

Leave a Comment