Pembuluh Xilem dan Floem

Bantuin Share Yuk!

Bagi Anda anak IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) tentu mengetahui tentang xilem dan floem pada saat menerima pelajaran. Namun sudahkah Anda memahami tentang pembuluh xilem dan floem secara mendalam? Artikel ini akan mempermudah Anda dalam memahami xilem dan floem sebagai salah satu jaringan yang terdapat pada tumbuhan. Ingin tahu lebih dalam? Simak penjelasan di bawah ini yuk!

Pembuluh Xilem dan Floem
Pembuluh Xilem dan Floem
Apa yang terjadi pada pembuluh xilem dan floem saat pencangkokan?

Dalam pencangkokan floem tidak dapat menyebarkan makanan ke seluruh tubuh karena kylit batang telah di kupas sehingga jalur pada floem tidak dapat dilalui. Makanan ini akan tertumpuk di bagian atas kulit yang di kupas, dari makanan ini akan tumbuh akar.

Apakah lumut memiliki berkas pembuluh xilem dan floem?

Lumut tidak memiliki berkas pembuluh karena lumut atau bryophyta belum memiliki pembuluh sejati.

Apakah tumbuhan paku memiliki pembuluh xilem dan floem?

Iya memiliki, karena tumbuhan berpembuluh yang lebih sempurna daripada tumbuhan tidak berpembuluh karena telah memiliki batang, akar, dan daun.

Pengertian Xilem dan Floem

Xilem dan floem memiliki berbagai tipe pembuluh. Pembuluh dari xilem dan floem yang membentuk cincin silindris adalah ikatan pembuluh konsentris. Pembuluh xilem dan floem merupakan jaringan pengangkut yang berfungsi sebagai alat transportasi. Pengertian tentang xilem dan floem akan dijelaskan terpisah pada di bawah ini :

1. Pengertian xilem

Xilem adalah jaringan kompleks yang terdiri dari berbagai susunan sel hidup dan sel mati yang bertugas menyalurkan mineral dari akar tumbuhan ke seluruh tubuh tumbuhan. Xilem ini merupakan susunan sel dewasa pada tumbuhan yang telah mati.

Sel yang telah mati ini mengalami penebalan sekunder dan memiliki lapisan lilin pada bagian luarnya. Ujung dari bagian dinding sel itulah yang membentuk saluran panjang yang memiliki keterkaitan dengan parenkim xilem. Parenkim ini secara aktif menjadi alat transportasi keluar masuknya cairan xilem.

2. Pengertian floem

Floem merupakan komponen dari beberapa unsur yang memiliki fungsi yang berbeda untuk menyokong floem sebagai pengangkut. Beberapa sel pada jaringan floem yaitu pembuluh lapisan koroid, tabung tapis dan parenkim serabut.

Floem dapat disebut juga sebagai pengangkut tapis, karena unsur utama yang melekat di dalamnya adalah sel tapis. Pada bagian ujung dinding floem dibentuk oleh plasmodesmata yang merupakan saluran terbuka pada sel tumbuhan. Plasmodesmata ini akan membesar dan akan termodifikasi bentuknya ketika terjadi aktivitas pada dinding floem.

Sel plasmodesmata ini memiliki membrane plasma yang memiliki banyak sitoplasma. Plasmodesmata tersebut memiliki ketergantungan terhadap sel pendamping. Sel pendamping ini berfungsi sebagai pengangkut makanan yang telah larut. Biasanya makanan yang telah larut ini keluar masuk ke pembuluh melalui dinding yang berpori.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa floem merupakan susunan sel yaitu sel pengirim yang hanya terdapat pada tumbuhan jenis angiospermae, parenkim floem, dan serabut floem.

Peran Xilem dan Floem pada Saat Pencangkokan

Pencangkokan merupakan salah satu aktivitas yang dilakukan untuk memperbanyak vegetatif tanaman. Pencangkokan digunakan sebagai salah satu cara aman yang dapat menghasilkan berbagai jenis tumbuhan yang memiliki sifat yang sama seperti tumbuhan induknya.

Pencangkokan merupakan salah satu hal yang umum dilakukan pada berbagai jenis tumbuhan. Pada saat proses pencangkokan pembuluh xilem akan mengangkut mineral atau zat yang diperoleh dari akar kemudian disalurkan ke daun. Daun akan melakukan fotosintesis sebagaimana mestinya.

Baca artikel lainnya yang berkaitan :
pengertian bangsa adalah suatu kelompok manusia atau masyarakat yang mempunyai kesamaan keturunan, budaya, sejarah, bahasa, dan wilayah tertentu yang dianggap nasional serta memiliki kehendak untuk bersatu.


Bantuin Share Yuk!

Leave a Comment