Pertumbuhan Primer dan Sekunder

Tumbuhan sebagai salah satu makhluk hidup tentu memiliki pertumbuhan yang merupakan suatu proses kehidupan. Adapun pertambahan ukuran pada tumbuhan ini terdiri dari massa, tinggi, dan volume yang merupakan suatu proses biologis dari makhluk hidup.

Pertumbuhan primer dan sekunder
Pertumbuhan primer dan sekunder

Apa yang dimaksud dengan pertumbuhan primer dan sekunder pada tumbuhan?

– Pertumbuhan primer : Pertumbuhan pada tanaman yang terjadi pada ujung-ujung tanaman sehingga menyebabkan tanaman bertambah tinggi dan akar semakin dalam.

– Pertumbuhan sekunder : Pertumbuhan pada tanaman yang terjadi pada kambium pada bagian tengah batang sehingga menyebabkan tanaman membentuk cabang baru.

Dimana letak pertumbuhan primer dan skunder pada tumbuhan?

– Letak pertumbuhan primer : Ujung – ujung tanaman
– Letak pertumbuhan sekunder : Bagian tengah batang

Adanya perbedaan tumbuhan primer dan sekunder pada tanaman tentu menjadi ketertarikan sendiri karena dimulai dari tumbuhan yang masih kecil hingga berkembang menjadi tumbuhan yang lengkap. Anda tentu penasaran bukan tentang pertumbuhan primer dan sekunder pada tanaman? Jika ingin tahu, simak penjelasan di bawah ini yuk!

Pengertian Pertumbuhan Primer dan Pertumbuhan Sekunder pada Tumbuhan

Sebelum mengetahui perbedaan pertumbuhan primer dan sekunder, pastikan untuk mengetahui terlebih dahulu pengertian antara pertumbuhan primer dan sekunder. karena pada dasarnya pertumbuhan primer dan sekunder pada tanaman tentu memiliki perbedaan proses dengan makhluk hidup lainnya. Pengertian tentang pertumbuhan primer dan sekunder akan dijelaskan di bawah ini.

1. Pertumbuhan primer

Pertumbuhan primer merupakan aktivitas titik tumbuh dimana adanya pembelahan sel parenkim, pembentukan daun, dan pembentukan cabang. Adapun pertumbuhan primer pada tumbuhan ini terdiri dari korteks, floem primer, xilem primer, empulur, dan pembentukan epidermis.

Pertumbuhan primer pada tumbuhan ini akan menambah panjang atau tinggi pada tumbuhan. Hal ini terjadi karena adanya aktivitas meristem utama yang membelah sel secara terus menerus sehingga sampai ke bagian pucuk tanaman.

Pertumbuhan primer terjadi pada tiga bagian, yaitu pembelahan, pemanjangan, dan diferensiasi. Daerah pembelahan merupakan daerah yang terletak di bagian ujung batang dan bagian pada ujung akar.

Daerah pemanjangan terletak di bagian pembelahan. Ketika berada pada daerah ini, tumbuhan akan mengalami pemanjangan dan pembesaran sel sehingga akan merubah bentuk dari tumbuhan tersebut.

Terakhir adalah daerah diferensiasi, yaitu daerah dimana terdapat sel-sel yang mengalami perubahan. Perubahan fungsi ini juga berubah menjadi jaringan yang lebih kompleks dengan berbagai jaringan dengan fungsi yang berbeda pula.

2. Pertumbuhan sekunder

Tumbuhan sekunder merupakan pertumbuhan yang disebabkan karena adanya aktivitas kambium. Dalam hal ini, aktivitas kambium tersebut akan menyebabkan adanya pelebaran batang yang dapat membentuk jari empulur, lingkar tahun, dan pelebaran batang.

Bagi Anda yang belum tahu, jari empulur adalah jaringan parenkim yang menjembatani antara empulur dan kulit kayu. Adanya pertumbuhan sekunder ini akan menambah diameter dari tumbuhan yang Anda tanam.

Perbedaan Pertumbuhan Primer dan Sekunder pada Tumbuhan dalam Tabel

Pertumbuhan primerPertumbuhan sekunder
Pertumbuhan primer ini disebabkan oleh adanya aksi meristem apikalPertumbuhan sekunder disebabkan oleh adanya aktivitas pada meristem lateral
Pertumbuhan primer ini terjadi di setiap bagian pada tanamanPertumbuhan sekunder ini akan terjadi pada bagian gymnospermae dan angiospermae
Jangka waktu pertumbuhan primer ini ketika setelah diferensiasi jaringan pada tumbuhanJangka waktu pertumbuhan sekunder adalah ketika adanya bagian yang memang akan dikembangkan melalui proses kematangan
Hasil dari pertumbuhan primer ini akan menghasilkan pertumbuhan dari segi ketinggian atau panjang pada tanamanHasil dari proses pertumbuhan sekunder yaitu adanya penambahan ketebalan pada tumbuhan yang menghasilkan pertumbuhan radial
Adapun pengembangan pada pertumbuhan primer ini terdiri dari korteks, epidermis, dan jaringan vaskular primer pada saat pertumbuhan primer berlangsungPengembangan pertumbuhan sekunder terdiri dari floem sekunder, xilem sekunder, lentisel, periderm, dan kulit kayu
Tabel perbedaan pertumbuhan primer dan sekunder pada tumbuhan

Perbedaan pertumbuhan primer dan sekunder di atas tentu dapat memberikan pengetahuan kepada Anda terkait pertumbuhan tanaman. Penjelasan disertai tabel di atas diharapkan dapat memberikan pemahaman terkait pertumbuhan primer dan sekunder pada tanaman ya.

Leave a Comment